Contoh System Improvement Objectives and Recommendation Report
Sunday, October 25, 2015Nineth on Contoh System Improvement Objectives and Recommendation Report - Setelah kemarin sempat sedikit berbagi tentang Contoh Statement of Work, kali ini saya akan berbagi tentang contoh System Improvement Objectives yang bisa dibilang adalah kelanjutan dari SOW. Ini juga menjadi salah satu tugas yang saya dapat dalam mata kuliah Analisis dan Desain Sistem.
Sekali lagi saya ingatkan contoh ini masih memiliki banyak kekurangan, silahkan sesuaikan dengan kehendak sobat jika dirasa ada yang kurang tepat. Jika ada sobat yang lebih ahli dalam bidang ini dan ingin mengoreksi kekurangan dalam contoh ini, saya harapkan bisa berbagi dalam box komentar demi kebaikan bersama :D
Langsung saja ini dia :
SYSTEM
IMPROVEMENT OBJECTIVES
AND
RECOMMENDATION REPORT
ANALYSIS
OF THE CURRENT UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA PARKING SYSTEM
KELOMPOK
2
- Executive summary
- Summary of recommendation
Universitas
Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta adalah sebuah universitas Islam
negeri yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan. Berada dibawah naungan
Departemen Agama Republik Indonesia dan bergerak dibidang pendidikan.
Menurut
data yang berhasil dihimpun Litbang Institut, pada hari perkuliahan, kendaraan
yang masuk ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bisa mencapai 5000 kendaraan.
Sedangkan kapasitas lahan parkir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hanya berkisar
sekitar 3000 kendaraan. Hal ini yang menyebabkan lahan UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta terlihat sesak.
Setelah
kami melakukan penyelidikan dan analisa atas masalah yang dialami dari sistem
yang digunakan saat ini, kami menyimpulkan bahwa beberapa masalah yang dihadapi
sistem parkir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah kurangnya lahan parkir,
peningkatan jumlah kendaraan setiap tahun, banyak pelanggaran yang terjadi
disertai tidak adanya sanksi yang jelas bagi pelanggar. Setelah memahami
masalah-masalah tersebut kami merumuskan dan menganalisa requirements dan
proses bisnis dalam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dari hasil analisa
tersebut kami mengusulkan beberapa kandidat solusi yang dapat diambil,
membandingkan dan merekomendasikan solusi yang terbaik.
- Summary of problems, opportunities, and directives
Problems :
· Kurangnya lahan parkir disertai
padatnya jumlah kendaraan yang masuk
· Peningkatan jumlah kendaraan diiringi
peningkatan jumlah mahasiswa setiap tahunnya
· Banyak pengendara yang parkir ditempat
yang tidak semestinya
· Tidak ada sanksi yang jelas bagi
pengendara yang melanggar aturan parkir
Opportunities :
· Adanya sebuah sistem parkir yang lebih
terstruktur
· Lingkungan lahan parkir terlihat lebih
rapih
· Berkurangnya jumlah kendaraan yang
lalu-lalang dalam kampus sehingga mengurangi peluang kemacetan
· Pemanfaatan teknologi
· Meningkatkan tingkat kemanan
- Brief statement of system improvement objectives
Berdasarkan
masalah-masalah yang terdapat pada sistem parkir UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta saat ini, kami bermaksud untuk melakukan beberapa pengembangan sistem,
diantaranya :
· Menentukan kapasitas maksimal lahan
parkir per-fakultas maupun secara keseluruhan
· Menentukan secara jelas blok-blok dan
batas-batas lahan parkir
· Membuat kartu parkir untuk tiap area
lahan parkir
· Membuat website yang menginformasikan
jumlah kendaraan yang sedang parkir serta lahan-lahan parkir yang masih kosong
secara real-time
· Melengkapi loket petugas gerbang dengan
komputer yang terkoneksi dengan server web parkir
· Mengefisienkan alur parkir bagi
pengendara
· Memasang gerbang tambahan dekat gerbang
masuk Lapangan Triguna
· Membuat kebijakan baru mengenai
peraturan parkir beserta sanksi-sanksi bagi pelanggar
· Meningkatkan keamanan dan pengawasan
lahan parkir dengan memasang CCTV di titik-titik strategis
- Brief explanation of report contents
Dalam laporan ini kami akan menjelaskan tentang sistem parkir yang sedang berjalan saat ini dan juga sistem parkir yang akan kami ajukan beserta kelebihan dan
batasan-batasan yang ada.
Bentuk data, diagram, dan alur data juga akan kami sertakan.
- Background information
- List of interviews and facilitated group meetings conducted
1. Pengendara cenderung tidak peduli
terhadap tata tertib parkir yang ada meskipun sudah diperingatkan oleh pihak
keamanan. Hal ini disebabkan tidak ada tindakan yang jelas terhadap pelanggaran
yang terjadi oleh pihak keamanan. Sehingga para pelanggar selalu mengulangi
kesalahannya karena tidak ada efek jera.
2. Pengendara sering kali memarkirkan
kendaraannya menumpuk kendaraan yang berada di didepannya dan menutup jalan
keluar bagi pengendara lain. Ini disebabkan batas-batas parkir yang kurang
jelas. Hal ini juga mengakibatkan banyak pengendara yang kesulitan mengeluarkan
kendaraannya dari lahan parkir, sampai-sampai harus membuat jalan keluarnya
sendiri dengan menggeser atau memindahkan kendaraan-kendaraan yang menghalangi
dan membuat barisan parkir semakin kacau.
3. Kurang maksimalnya pemanfaatan lahan
parkir lapangan Triguna. Lapangan hanya digunakan untuk kendaraan yang masuk
pada waktu tertentu saja, misalnya sekitar pukul 08.30. Sementara kendaraan
bisa terus masuk ke area dalam kampus dari pagi hingga sore.
Dengan
persoalan-persoalan yang ada pada sistem parkir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
saat ini, kami rasa sudah saatnya untuk melakukan pembaharuan sistem. Sebuah
sistem yang dapat menata lahan parkir UIN Syarif Hidayatullah secara
terstruktur dan efektif, menciptakan lingkungan yang lebih asri, serta
mengembalikan hak-hak pejalan kaki. Sebuah sistem yang turut meningkatkan
keamanan sekitar kampus dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru saat
ini.
- List of other sources of information that were exploited
- Description of analytical techniques used
· Metode
observasi
Pengumpulan data
dengan observasi langsung atau dengan pengamatan langsung adalah cara
pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar
lain untuk keperluan tersebut.
· Metode
wawancara
Proses
memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab, sambil
bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si penjawab atau
responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan
wawancara)
- Overview of current system
- Strategic implications (if project is part of or impacts existing IS strategic plan)
Analisis dan Evaluasi Sistem yang sedang berjalan
Tujuan dari
adanya peningkatan sistem parkir ini adalah agar seluruh pengguna lahan parkir
di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat memarkirkan kendaraannya dengan rasa
nyaman dan aman.
Prosedur Parkir UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta yang sedang berjalan:
1. Pengguna lahan parkir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta harus memasuki
kawasan kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2. Pengguna lahan parkir membayar tiket dan mengambil tiket dari petugas pada
saat di loket masuk
3. Pengguna lahan parkir memarkirkan kendaraannya
4. Pengguna lahan parkir mengembalikan tiket kepada petugas yang berada di
loket keluar
Prosedur sistem yang diusulkan:
1. Pengguna lahan parkir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta harus memasuki kawasan
kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2. Pengguna lahan parkir dapat mengakses informasi lahan parkir di website
yang telah disediakan yaitu parkir.uinjkt.ac.id
3. Pada saat di loket masuk, pengguna lahan parkir dapat memberitahu petugas
di lahan parkir mana ia ingin memarkirkan kendaraannya
4. Pengguna lahan parkir membayar tiket dan mengambil kartu parkir dari
petugas pada saat di loket masuk
5. Pengguna lahan parkir memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang telah disediakan
6. Pengguna lahan parkir wajib mengikuti semua tata tertib yang berlaku
7. Pengguna lahan parkir mengembalikan kartu parkir kepada petugas yang berada
di loket keluar
- Models of the current system
- Interface model (showing project scope)
- Data model (showing project scope)
- Process model (showing functional decomposition only)
- Analysis of the current system
CAUSE AND EFFECT ANALYSIS
|
|
Problem or Opportunity
|
Causes and Effects
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Detailed recommendations
- System improvement objectives and priorities
System improvement
objectives :
·
Menentukan kapasitas maksimal lahan
parkir tiap fakultas maupun secara keseluruhan sebagai penunjang pengembangan
lain yang akan dilakukan terhadap sistem
·
Menentukan secara jelas batas-batas
lahan parkir serta membuat blok-blok di tiap area parkir. Misal di Fakultas
Ekonomi dan Bisnis dibuat blok A1, A2, B5, C7, dsb. Huruf depan menandakan blok
sedangkan angka setelahnya menunjukkan nomor parkir. Kesatuan blok dan nomor
parkir bisa disebut dengan spot parkir/titik parkir. Jumlah spot parkir saling
menyesuaikan dengan kapasitas maksimal lahan yang ditentukan
·
Membuat kartu parkir untuk tiap area
lahan parkir fakultas yang berisi keterangan nama fakultas dan spot parkir.
Kartu parkir akan diberikan ke pengendara oleh petugas gerbang masuk dan
dikembalikan di gerbang keluar
·
Membuat website yang menginformasikan
antara lain :
-
Jumlah kendaraan yang sedang parkir di
tiap fakultas maupun keseluruhan
-
Lahan parkir yang masih tersedia
-
Status pengalihan parkir ke Lapangan
Triguna
Data yang ada dalam website diperoleh dari input
yang diberikan oleh petugas di gerbang masuk dan keluar secara real-time.
Website dapat diakses dengan alamat parkir.uinjkt.ac.id
·
Melengkapi loket petugas gerbang masuk
dan keluar dengan komputer yang terkoneksi dengan server web parkir yang telah
dibuat, agar petugas gerbang dapat menginput data untuk mengupdate informasi
dalam web parkir
·
Memasang gerbang tambahan dekat gerbang
masuk Lapangan Triguna. Gerbang ini akan tertutup jika lahan parkir bagian
dalam telah penuh sehingga pengendara yang masuk setelah gerbang tertutup
dialihkan ke lahan parkir Lapangan Triguna. Gerbang akan kembali terbuka jika
jumlah kendaraan yang parkir di area dalam sudah berkurang dan mencapai titik
normal yang sudah ditentukan sebelumnya
·
Menggunakan alur parkir baru bagi
pengendara :
1)
Di gerbang masuk parkir, pengendara
memberitahu petugas di lahan parkir mana ia ingin memarkirkan kendaraannya
2)
Petugas yang sudah dilengkapi dengan
kartu parkir dalam loketnya memeriksa ketersediaan kartu parkir berdasarkan
area yang sesuai dengan permintaan pengendara. Jika kartu parkir area yang
diinginkan sudah habis atau dengan kata lain area yang diinginkan sudah penuh,
pengendara dapat dialihkan ke area parkir terdekat yang masih memiliki
ketersediaan spot parkir
3)
Setelah selesai memilih area lahan
parkir, pengendara membayar harga masuk kemudian petugas memberikan kartu
parkir ke pengendara
4)
Petugas gerbang masuk langsung
menginput data ke web parkir melalui komputer berdasarkan transaksi yang baru
berlangsung
5)
Pengendara memarkirkan kendaraannya di
spot parkir yang sesuai dengan keterangan dalam kartu parkir
6)
Jika sudah selesai parkir dan ingin
keluar dari area UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di gerbang keluar pengendara
mengembalikan kartu parkir kepada petugas
7)
Petugas gerbang keluar menginput data
ke web parkir berdasarkan kartu parkir yang diterima dari pengendara
·
Membuat kebijakan baru mengenai
peraturan parkir beserta sanksi-sanksi bagi pelanggar
·
Memasang CCTV di titik-titik strategis
untuk mengawasi tindak pelanggaran parkir sekaligus meningkatkan tingkat
keamanan disekitar area lahan parkir
- Constraints
·
Waktu proses transaksi di gerbang masuk
dan keluar menjadi sedikit lebih lambat
·
Pengendara bisa saja memarkirkan
kendaraannya di spot yang salah dan membingungkan pengendara lain yang
seharusnya parkir di spot tersebut
·
Kartu parkir rentan hilang, baik oleh
pengendara maupun pengelola
·
Pengendara yang sudah memarkirkan
kendaraan di spot tertentu tidak boleh memindahkan kendaraannya ke spot parkir
lain sebelum keluar gerbang parkir kemudian masuk dan memilih spot parkir
kembali
- Appendixes
- Any detailed system models
- Other documents as appropriate
Demikian sedikit hal yang bisa saya bagikan pada Contoh System Improvement Objectives and Recommendation Report untuk sobat Nineth sekalian. Mungkin saja bisa menjadi tambahan referensi bagi sobat-sobat yang membutuhkan. Maaf jika tata letak kontennya berantakan :|
Terimakasih juga untuk teman-teman kelompok 2 dan semua pihak yang terlibat dalam pengerjaan tugas ini :)
Semoga bermanfaat!
-9960408
0 comments