Contoh Statement of Work
Sunday, October 25, 2015Nineth on Contoh Statement of Work - Di kesempatan ini, saya akan berbagi tentang contoh Statement of Work (SOW). Statement of Work ini menjadi salah satu tugas yang saya terima dari mata kuliah Analisis dan Desain Sistem di kampus. Sebelum mengerjakan tugas ini saya sempat searching di google tentang contoh statement of work sebagai bahan untuk referensi, tetapi hasil penelusuran yang saya dapat hanya dari agan Gudang Ilmu 7Shortcut dalam postingannya PROPOSAL PERNYATAAN KERJA (STATEMENT OF WORK) Sistem penagihan listrik yang cukup membantu dalam pembuatan tugas saya. Terima kasih gan :)
Oleh karena itu saya juga ingin ikut berbagi kepada sobat Nineth yang mungkin sedang mencari referensi tentang contoh statement of work. Oke langsung saja sobat :
STATEMENT OF WORK
PERIOD OF PERFORMANCE: Okt. 2015 – Des. 2015
CUSTOMER:
Masyarakat Kampus yang Membawa Kendaraan
PROJECT NAME: Sistem Parkir UIN Syarif Hidayatullah
I.
Purpose:
Menertibkan lahan parkir UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta
II.
Background:
A. Problem,
Opportunity, or Directive Statement
Problem
· Kurangnya lahan parkir, dan padatnya jumlah
kendaraan yang masuk. Peningkatan jumlah kendaraan diiringi peningkatan jumlah
mahasiswa baru.
· Banyak mahasiswa yang memarkirkan kendaraannya
di tempat yang tidak seharusnya
· Tidak ada sanksi yang jelas bagi pengendara yang
melanggar batas-batas pada lahan parkir
Opportunity
· Adanya sebuah sistem parkir yang lebih
terstruktur
· Memudahkan masyarakat kampus yang membawa
kendaraan untuk melihat ketersediaan lahan parkir
· Pemanfaatan teknologi
· Meningkatkan tingkat keamanan
B. History
Leading to the Project Request
Berdasarkan hasil wawancara kepada
salah satu staf kemanan dan salah satu pengguna lahan parkir kami menyimpulkan
bahwa perlu adanya sistem dan aturan jelas yang berlaku untuk lahan parkir
C. Project
Goal and Objectives
Sebuah Sistem Lahan Parkir baru
yang lebih baik dan terstruktur
D. Product
Description
Sistem yang
akan diterapkan :
- Setiap tempat parkir diberikan kapasitas maximal yang sudah ditentukan terlebih dahulu, baik secara keseluruhan maupun setiap fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setiap tempat parkir juga ditentukan dengan jelas dimana saja batas-batas kendaraan yang boleh diparkirkan.
- Petugas yang berada di gerbang masuk dan keluar parkir dilengkapi dengan komputer yang terkoneksi dengan server yang di dalamnya terdapat data-data jumlah kendaraan yang sedang parkir dan jumlah lahan parkir yang masih tersedia, baik secara keseluruhan maupun setiap fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
- Ketika hendak membayar parkir di gerbang masuk, pengendara akan ditanya oleh petugas terkait dengan wilayah lahan parkir yang akan dituju. Apabila wilayah lahan parkir yang ingin dituju telah penuh, maka pengendara akan dialihkan ke wilayah lahan parkir terdekat yang masih tersedia
- Ketika pengendara telah membayar, maka pengendara akan diberikan printout (tiket) dan kartu parkir oleh petugas yang berisi wilayah lahan parkir yang akan dituju. Lalu petugas mengupdate data lahan parkir sesuai wilayah yang telah dipilih ke server
- Di dekat gerbang menuju Lapangan Triguna dibuat gerbang tambahan. Apabila lahan parkir di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah penuh, maka gerbang akan ditutup dan pengendara dialihkan ke lahan parkir tambahan yaitu Lapangan Triguna.
- Apabila jumlah pengendara yang parkir di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah berkurang dan mencapai titik normal yang telah ditentukan, maka gerbang akan kembali terbuka dan pengendara dapat memilih kembali wilayah lahan parkir yang ingin dituju
- Pengendara yang ingin keluar dari kawasan lahan parkir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan memberikan printout (tiket) dan kartu parkir kepada petugas yang berada di gerbang keluar. Lalu petugas mengupdate data wilayah lahan parkir yang sesuai dengan printout (tiket) pengendara yang telah keluar
- Jumlah kendaraan yang berada di dalam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Lapangan Triguna dapat diupdate di cloud server. Sehingga mahasiswa/i dapat mengetahui jumlah kendaraan yang sedang parkir secara real time. Dapat diakses di parkir.uinjkt.ac.id
- Dibuat kebijakan baru mengenai peraturan parkir serta sanksi-sanksi bagi pelanggar
- Memasang CCTV di sudut-sudut strategis lahan parkir, agar para pengendara yang melanggar peraturan parkir akan langsung ditindak lanjuti, sekaligus menambah tingkat keamanan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Untuk
gedung parkir yang baru :
- Di setiap spot parkir mobil diatasnya akan dipasangkan sebuah lampu. Lampu itu hanya akan menyala warna hijau dan merah. Apabila lampu menyala warna merah, itu menandakan bahwa spot parkir tersebut tidak bisa digunakan karena sudah terisi oleh kendaraan lain. Dan apabila lampu menyala warna hijau, pengendara boleh memarkirkan kendaraannya di spot parkir tersebut. Lampu tersebut di trigger oleh motion sensor.
- Di dekat pintu masuk gedung, di pasang papan sign penghitung jumlah mobil yang sedang parkir dan jumlah spot parkir yang kosong di setiap lantainya. Data yang terdapat pada papan sign juga di update di cloud server dan dapat diakses di parkir.uinjkt.ac.id
- Memasang CCTV di titik-titik strategis untuk meningkatkan kemanan lahan parkir
III.
Scope
A. Stakeholders
- UIN Syarif Hidayatullah
- Pengguna lahan parkir
- Petugas parkir
- Programmer
- Tukang
B. Data
Menurut data yang berhasil
dihimpun Litbang Institut, motor yang masuk ke UIN Jakarta bisa mencapai 5000
sepeda motor. Sedangkan kapasitas lahan parkir UIN Jakarta hanya untuk 3000
sepeda motor. Hal ini yang menyebabkan lahan UIN Jakarta terlihat semakin
sesak.
C. Processes
1.
Studi kelayakan
2.
Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context Diagram, Data
Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dsb sehingga
membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3.
Pembangunan dan Pemrograman
Membuat batas-batas lahan parkir baru, gerbang tambahan, memasang cctv,
serta melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat.
4.
Pengujian
Dilakukan untuk mengetahui apakah pekerjaan telah dilakukan secara benar
sehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga
dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan sistem yang dibuat
untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan. Baik sistem lapangan maupun
sistem online.
5.
Pelatihan
Sebelum
diserahterimakan ke pihak UIN, pihak pekerja proyek bertanggung jawab melatih
user atau petugas parkir yang hendak
mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga
berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak
menyulitkan para pengguna di kemudian hari.
D. Locations
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
IV. Project Approach
A. Route
(or Lifecycle)
Waterfall model
B. Deliverables
- Membuat web parkir.uinjkt.ac.id
- Membuat aplikasi yang terkoneksi
ke web parkir
- Memberikan training kepada
petugas parkir
V.
Managerial
Approach
A. Team-building
Considerations
Alasan Pembentukan Tim, yaitu
karena setiap orang mempunyai tugas yang berbeda-beda, sehingga dibentuk
tim yang terdiri dari :
·
Seorang Project Manager yang bertugas
mengkoordinasi jalannya proyek, meliputi alokasi waktu, dana, dan kebutuhan
program
·
Seorang System Analyst yang bertugas menganalisa
karakteristik dan kinerja system
·
Programmer yang bertugas membuat dan mengembangkan
program yang tepat sesuai alokasi dana, waktu serta kinerja system yang ada
B. Manager
and Experience
Dalam proyek ini dibutuhkan
manager yang berpengalaman,dimana tugas dari manager dalam proyek ini adalah :
1)
Menjadwalkan proyek, manajer bertugas untuk merencanakan
pelaksanaan proyek agar proyek dapat selesai tepat waktu.
2)
Mengimplementasikan rencana proyek, setelah
membuat perencanaan, tugas manajer selanjutnya adalah mengimplementasikan
perencanaan proyek tersebut di lapangan.
3)
Mengontrol kerja sampai selesai, Seorang manajer
harus dapat mengontrol semua pekerjaan proyek hingga selesai dan menjaga serta
mengantisipasi agar proyek berjalan sesuai rencana.
4)
Membina hubungan kooperatif, manajer bertanggung
jawab untuk membina hubungan kooperatif dengan para pihak yang terlibat baik
dalam struktur horizontal maupun vertical.
5)
Melakukan inovasi, seorang manajer juga bertugas
melakukan inovasi untuk merespon peluang dan ancaman yang tak terduga.
6)
Memperkirakan Durasi Tugas, Teknik memperkirakan
durasi tugas
·
Optimistic Duration (OD) : perkiraan lama
minimum waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas.
·
Pessimistic Duration (PD) : perkiraan lama
maksimum waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas.
·
Expected Duration (ED) : lama perkiraan waktu
yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah tugas.
·
Most likely duration (D) : lama perkiraan waktu
yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah tugas, berdasarkan nilai rata-rata
optimistic, pessimistic, dan expected duration (durasi optimistis, pesimistis,
dan diharapkan)
7)
Menentukan Ketergantungan Antar tugas
Empat tipe ketergantungan antar tugas :
a.
Finish-to-Start (FS) – Penyelesaian sebuah tugas
memicu awal tugas lain.
b. Start-to-Start (SS) – Awal sebuah tugas memicu
awal tugas lain.
c. Finish-to-Finish (FF) – Dua tugas harus selesai
pada waktu bersamaan.
d. Start-to-Finish (SF) – Awal sebuah tugas
menandakan selesainya tugas lain.
8)
Mengintegrasikan sumber daya sesuai dengan
posisi dan jadwal yang sudah dibuat dalam perencanaan. Manajer proyek harus
mampu mengelola perubahan dalam hal sumber daya, manusia maupun lingkungan.
Sumber-sumber daya memiliki kategori-kategori berikut :
-Orang
-Layanan
-Fasilitas-fasilitas dan perlengkapan
-Persediaan barang dan material
-Uang
9)
Mengarahkan Usaha Tim
Salah satu dimensi terpenting mengarahkan usaha tim adalah pengawasan
manusia.
10) Memonitor dan Mengontrol Perkembangan
Selama proyek, manajer proyek harus memonitor perkembangan proyek
terhadap lingkup, jadwal, dan anggaran. Jika perlu, membuat penyesuaian pada
lingkup, jadwal, dan sumber-sumber daya.
11) Menilai Hasil dan Pengalaman Proyek
Aktivitas final ini melibatkan pengumpulan umpan balik dari
anggota-anggota tim proyek (termasuk para pelanggan) mengenai
pengalaman-pengalaman proyek dan saran-saran yang ditujukan untuk memperbaiki
manajemen proyek dan proses organisasi.
C. Training
Requirements
Dalam proyek ini SDM yang
menggunakan aplikasi yang dibuat harus mengetahui cara mengoperasikan komputer,sehingga
dapat menggunakan aplikasi yang dibuat.
D. Meeting
Schedules
Tanggal
|
Kegiatan
|
10 Oktober 2015
|
Melakukan rapat
|
27 Oktober 2015
|
Menganalisis kebutuhan perusahaan
|
5 November 2015
|
Merancang desain sistem dengan tim
|
24 November 2015
|
Mempresentasikan sistem yang hampir selesai kepada
perusahaan
|
4 Desember 2015
|
Menguji sistem, apakah sesuai dengan keinginan perusahaan
|
10 Desember 2015
|
Meyerahkan sistem jadi kepada perusahaan
|
E. Reporting
Methods and Frequency
F. Conflict
Management Approach
G. Scope
Management Approach
VI. Constraints:
A. Start
Date (Schedule)
Oktober 2015
B. Deadlines
Desember 2015
C. Budget
Constraints
No
|
Kegiatan/Barang
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Biaya analis
|
6.000.000
|
2
|
Biaya akomodasi dan perjalanan
|
3.000.000
|
3
|
Pemrograman
|
6.000.000
|
4
|
Biaya rapat
|
2.000.000
|
5
|
Biaya pengumpulan data
|
2.500.000
|
6
|
Biaya managemen dan staff
|
5.000.000
|
7
|
Biaya dokumentasi
|
5.000.000
|
8
|
Biaya implementasi sistem
|
81.000.000
|
Jumlah Total
|
110.500.000
|
D. Technology
Constraints
- Website
- Database
- Cloud server
- Aplikasi gerbang parkir
- CCTV
- Motion Sensor
VII. Rough Order of Magnitude (ROM) (or
Ballpark) Estimates)
A. Schedule
No
|
Kegiatan
|
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Studi Kelayakan
|
√
|
|||||||||||
2
|
Desain Fungsi
|
√
|
√
|
||||||||||
3
|
Pemrograman
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
4
|
Pembangunan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
5
|
Pengujian
|
√
|
√
|
||||||||||
6
|
Pelatihan
|
√
|
√
|
||||||||||
7
|
Pemeliharaan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
8
|
Dokumentasi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
B. Budget
No
|
Kegiatan/Barang
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Biaya analis
|
6.000.000
|
2
|
Biaya akomodasi dan perjalanan
|
3.000.000
|
3
|
Pemrograman
|
6.000.000
|
4
|
Biaya rapat
|
2.000.000
|
5
|
Biaya pengumpulan data
|
2.500.000
|
6
|
Biaya managemen dan staff
|
5.000.000
|
7
|
Biaya dokumentasi
|
5.000.000
|
8
|
Biaya implementasi sistem
|
81.000.000
|
Jumlah Total
|
110.500.000
|
VIII.
Conditions
of Satisfaction
A. Success
Criteria
Sistem dapat dikatakan berhasil jika memenuhi kriteria berikut :
1. Terciptanya
lahan parkir yang lebih teratur
2. Memudahkan
pengendara untuk mencari lahan parkir
3. Berkurangnya
tingkat pelanggaran parkir
B. Assumptions
C. Risks
IX. Authorization to proceed:
Note:
The signatures below certify that
each agrees to the provisions of this SOW and attests to the completeness,
feasibility, consistency and testability of the requirements.
___________________________________ ______________________
Customer Date
___________________________________ ______________________
Project Manager Date
X.
Appendices:
Data Definition
Data
|
Data Description
|
Period of Performance
|
The time period of the project.
|
Customer
|
Who the project is for or who is funding the project.
|
Project Name
|
Official name of the project.
|
Purpose
|
Communicate to the reader the purpose of the document.
|
Background
|
This section describes the chronology of events leading up
to the project request. It is a high-level description of the customer’s
requirements and should demonstrate a basic understanding of the problem,
opportunity, or directive.
|
Scope
|
This section describes the size and boundaries of the
project in terms of Stakeholders, Data, Processes, and Locations.
|
Project Approach
|
This section documents what lifecycle approach or route
will be used (ex. waterfall, spiral, etc.) and the deliverables the project
team is responsible for delivering (ex. documents, databases, code
components, screens, training, etc.).
|
Managerial Approach
|
This section documents how the project will be managed in
order to be successful.
Include how the team will be structured and built, who the
project manager is, and the experience level of the team and manager. List if
there is any training required by the team members. Also document how the
status of the project will be reported between the team and management and
the customer. Finally, document the procedures for handling changes (ex.
requirements changes) and conflict resolution.
|
Constraints
|
List all applicable project constraints.
|
Estimates
|
This section provides estimates of the effort, time, and
costs required to complete the project. Its wise to provide an estimate in
terms of a range in those areas that are not well defined.
|
Conditions of Satisfaction
|
State criteria the project will use to evaluate its
acceptance. In addition list all risks and assumptions regarding the project.
These are very important because they may have had a bearing on how you
estimated a particular area and should be communicated to the reader.
|
Authorization to Proceed
|
Provide signatures documenting
concurrence of agreement to the provisions of the SOW.
|
Appendices
|
Include any addition documentation
such as models or referenced documentation that may aid the reader in the
understanding or the approval of the document.
|
Demikian sedikit hal yang bisa saya bagikan pada Contoh Statement of Work untuk sobat Nineth sekalian. Contoh ini masih memiliki banyak kekurangan, jika sobat sedang mengerjakan sebuah statement of work silahkan sesuaikan dengan kehendak sobat bila dirasa ada yang kurang tepat.
Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan silahkan utarakan lewat box komentar. Terima kasih :)
Semoga bermanfaat!
-9960408
2 comments
Ribet dah
ReplyDeletemantap jejak dulu. nax uin juga euy
ReplyDelete