Contoh Statement of Work

Sunday, October 25, 2015

statement of work


Nineth on Contoh Statement of Work - Di kesempatan ini, saya akan berbagi tentang contoh Statement of Work (SOW). Statement of Work ini menjadi salah satu tugas yang saya terima dari mata kuliah Analisis dan Desain Sistem di kampus. Sebelum mengerjakan tugas ini saya sempat searching di google tentang contoh statement of work sebagai bahan untuk referensi, tetapi hasil penelusuran yang saya dapat hanya dari agan Gudang Ilmu 7Shortcut dalam postingannya PROPOSAL PERNYATAAN KERJA (STATEMENT OF WORK) Sistem penagihan listrik yang cukup membantu dalam pembuatan tugas saya. Terima kasih gan :)

Oleh karena itu saya juga ingin ikut berbagi kepada sobat Nineth yang mungkin sedang mencari referensi tentang contoh statement of work. Oke langsung saja sobat :





 STATEMENT OF WORK



PERIOD OF PERFORMANCE:    Okt. 2015 – Des. 2015

CUSTOMER:   Masyarakat Kampus yang Membawa Kendaraan

PROJECT NAME:   Sistem Parkir UIN Syarif Hidayatullah 

I.      Purpose:

Menertibkan lahan parkir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


II.    Background:

A.   Problem, Opportunity, or Directive Statement

Problem
·        Kurangnya lahan parkir, dan padatnya jumlah kendaraan yang masuk. Peningkatan jumlah kendaraan diiringi peningkatan jumlah mahasiswa baru.
·        Banyak mahasiswa yang memarkirkan kendaraannya di tempat yang tidak seharusnya
·        Tidak ada sanksi yang jelas bagi pengendara yang melanggar batas-batas pada lahan parkir

      Opportunity
·        Adanya sebuah sistem parkir yang lebih terstruktur
·        Memudahkan masyarakat kampus yang membawa kendaraan untuk melihat ketersediaan lahan parkir
·        Pemanfaatan teknologi
·        Meningkatkan tingkat keamanan 


B.   History Leading to the Project Request

Berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu staf kemanan dan salah satu pengguna lahan parkir kami menyimpulkan bahwa perlu adanya sistem dan aturan jelas yang berlaku untuk lahan parkir  


C.   Project Goal and Objectives

Sebuah Sistem Lahan Parkir baru yang lebih baik dan terstruktur


D.   Product Description

Sistem yang akan diterapkan  :
  1. Setiap tempat parkir diberikan kapasitas maximal yang sudah ditentukan terlebih dahulu, baik secara keseluruhan maupun setiap fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setiap tempat parkir juga ditentukan dengan jelas dimana saja batas-batas kendaraan yang boleh diparkirkan.
  2. Petugas yang berada di gerbang masuk dan keluar parkir dilengkapi dengan komputer yang terkoneksi dengan server yang di dalamnya terdapat data-data jumlah kendaraan yang sedang parkir dan jumlah lahan parkir yang masih tersedia, baik secara keseluruhan maupun setiap fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  3. Ketika hendak membayar parkir di gerbang masuk, pengendara akan ditanya oleh petugas terkait dengan wilayah lahan parkir yang akan dituju. Apabila wilayah lahan parkir yang ingin dituju telah penuh, maka pengendara akan dialihkan ke wilayah lahan parkir terdekat yang masih tersedia
  4. Ketika pengendara telah membayar, maka pengendara akan diberikan printout (tiket) dan kartu parkir oleh petugas yang berisi wilayah lahan parkir yang akan dituju. Lalu petugas mengupdate data lahan parkir sesuai wilayah yang telah dipilih ke server
  5. Di dekat gerbang menuju Lapangan Triguna dibuat gerbang tambahan. Apabila lahan parkir di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah penuh, maka gerbang akan ditutup dan pengendara dialihkan ke lahan parkir tambahan yaitu Lapangan Triguna.
  6. Apabila jumlah pengendara yang parkir di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah berkurang dan mencapai titik normal yang telah ditentukan, maka gerbang akan kembali terbuka dan pengendara dapat memilih kembali wilayah lahan parkir yang ingin dituju
  7. Pengendara yang ingin keluar dari kawasan lahan parkir UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan memberikan printout (tiket) dan kartu parkir kepada petugas yang berada di gerbang keluar. Lalu petugas mengupdate data wilayah lahan parkir yang sesuai dengan printout (tiket) pengendara yang telah keluar
  8. Jumlah kendaraan yang berada di dalam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Lapangan Triguna dapat diupdate di cloud server. Sehingga mahasiswa/i dapat mengetahui jumlah kendaraan yang sedang parkir secara real time. Dapat diakses di parkir.uinjkt.ac.id
  9. Dibuat kebijakan baru mengenai peraturan parkir serta sanksi-sanksi bagi pelanggar
  10. Memasang CCTV di sudut-sudut strategis lahan parkir, agar para pengendara yang melanggar peraturan parkir akan langsung ditindak lanjuti, sekaligus menambah tingkat keamanan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Untuk gedung parkir yang baru :
  1. Di setiap spot parkir mobil diatasnya akan dipasangkan sebuah lampu. Lampu itu hanya akan menyala warna hijau dan merah. Apabila lampu menyala warna merah, itu menandakan bahwa spot parkir tersebut tidak bisa digunakan karena sudah terisi oleh kendaraan lain. Dan apabila lampu menyala warna hijau, pengendara boleh memarkirkan kendaraannya di spot parkir tersebut. Lampu tersebut di trigger oleh motion sensor.
  2. Di dekat pintu masuk gedung, di pasang papan sign penghitung jumlah mobil yang sedang parkir dan jumlah spot parkir yang kosong di setiap lantainya. Data yang terdapat pada papan sign juga di update di cloud server dan dapat diakses di parkir.uinjkt.ac.id
  3. Memasang CCTV di titik-titik strategis untuk meningkatkan kemanan lahan parkir

III.   Scope

A.   Stakeholders

- UIN Syarif Hidayatullah
- Pengguna lahan parkir
- Petugas parkir
- Programmer
- Tukang


B.   Data

Menurut data yang berhasil dihimpun Litbang Institut, motor yang masuk ke UIN Jakarta bisa mencapai 5000 sepeda motor. Sedangkan kapasitas lahan parkir UIN Jakarta hanya untuk 3000 sepeda motor. Hal ini yang menyebabkan lahan UIN Jakarta terlihat semakin sesak.


C.   Processes

1.    Studi kelayakan

2.    Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dsb sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.

3.    Pembangunan dan Pemrograman
Membuat batas-batas lahan parkir baru, gerbang tambahan, memasang cctv, serta melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat.

4.    Pengujian
Dilakukan untuk mengetahui apakah pekerjaan telah dilakukan secara benar sehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan sistem yang dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan. Baik sistem lapangan maupun sistem online.

5.    Pelatihan
Sebelum diserahterimakan ke pihak UIN, pihak pekerja proyek bertanggung jawab melatih user atau  petugas parkir yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna di kemudian hari.


D.   Locations

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


IV.  Project Approach

A.   Route (or Lifecycle)

Waterfall model


B.   Deliverables
- Membuat web parkir.uinjkt.ac.id
- Membuat aplikasi yang terkoneksi ke web parkir
- Memberikan training kepada petugas parkir



V.   Managerial Approach

A.   Team-building Considerations
Alasan Pembentukan Tim, yaitu karena setiap orang mempunyai tugas yang berbeda-beda, sehingga dibentuk tim  yang terdiri dari :

·         Seorang Project Manager yang bertugas mengkoordinasi jalannya proyek, meliputi alokasi waktu, dana, dan kebutuhan program

·         Seorang System Analyst yang bertugas menganalisa karakteristik dan kinerja system

·         Programmer yang bertugas membuat dan mengembangkan program yang tepat sesuai alokasi dana, waktu serta kinerja system yang ada


B.   Manager and Experience

Dalam proyek ini dibutuhkan manager yang berpengalaman,dimana tugas dari manager dalam proyek ini adalah :

1)    Menjadwalkan proyek, manajer bertugas untuk merencanakan pelaksanaan proyek agar proyek dapat selesai tepat waktu.

2)    Mengimplementasikan rencana proyek, setelah membuat perencanaan, tugas manajer selanjutnya adalah mengimplementasikan perencanaan proyek tersebut di lapangan.

3)    Mengontrol kerja sampai selesai, Seorang manajer harus dapat mengontrol semua pekerjaan proyek hingga selesai dan menjaga serta mengantisipasi agar proyek berjalan sesuai rencana.

4)    Membina hubungan kooperatif, manajer bertanggung jawab untuk membina hubungan kooperatif dengan para pihak yang terlibat baik dalam struktur horizontal maupun vertical.

5)    Melakukan inovasi, seorang manajer juga bertugas melakukan inovasi untuk merespon peluang dan ancaman yang tak terduga.

6)    Memperkirakan Durasi Tugas, Teknik memperkirakan durasi tugas
·         Optimistic Duration (OD) : perkiraan lama minimum waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas.
·         Pessimistic Duration (PD) : perkiraan lama maksimum waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas.
·         Expected Duration (ED) : lama perkiraan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah tugas.
·         Most likely duration (D) : lama perkiraan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah tugas, berdasarkan nilai rata-rata optimistic, pessimistic, dan expected duration (durasi optimistis, pesimistis, dan diharapkan)

7)    Menentukan Ketergantungan Antar tugas

Empat tipe ketergantungan antar tugas :
a.   Finish-to-Start (FS) – Penyelesaian sebuah tugas memicu awal tugas lain.
b.   Start-to-Start (SS) – Awal sebuah tugas memicu awal tugas lain.
c.   Finish-to-Finish (FF) – Dua tugas harus selesai pada waktu bersamaan.
d.   Start-to-Finish (SF) – Awal sebuah tugas menandakan selesainya tugas lain.

8)    Mengintegrasikan sumber daya sesuai dengan posisi dan jadwal yang sudah dibuat dalam perencanaan. Manajer proyek harus mampu mengelola perubahan dalam hal sumber daya, manusia maupun lingkungan. Sumber-sumber daya memiliki kategori-kategori berikut :
-Orang
-Layanan
-Fasilitas-fasilitas dan perlengkapan
-Persediaan barang dan material
-Uang

9)    Mengarahkan Usaha Tim
Salah satu dimensi terpenting mengarahkan usaha tim adalah pengawasan manusia.

10)  Memonitor dan Mengontrol Perkembangan
Selama proyek, manajer proyek harus memonitor perkembangan proyek terhadap lingkup, jadwal, dan anggaran. Jika perlu, membuat penyesuaian pada lingkup, jadwal, dan sumber-sumber daya.

11)  Menilai Hasil dan Pengalaman Proyek
Aktivitas final ini melibatkan pengumpulan umpan balik dari anggota-anggota tim proyek (termasuk para pelanggan) mengenai pengalaman-pengalaman proyek dan saran-saran yang ditujukan untuk memperbaiki manajemen proyek dan proses organisasi.


C.   Training Requirements

Dalam proyek ini SDM yang menggunakan aplikasi yang dibuat harus mengetahui cara mengoperasikan komputer,sehingga dapat menggunakan aplikasi yang dibuat.


D.   Meeting Schedules

Tanggal
Kegiatan
10 Oktober 2015
Melakukan rapat
27 Oktober 2015
Menganalisis kebutuhan perusahaan
5 November 2015
Merancang desain sistem dengan tim
24 November 2015
Mempresentasikan sistem yang hampir selesai kepada perusahaan
4 Desember 2015
Menguji sistem, apakah sesuai dengan keinginan perusahaan
10 Desember 2015
Meyerahkan sistem jadi kepada perusahaan



E.   Reporting Methods and Frequency




F.    Conflict Management Approach




G.   Scope Management Approach




VI.  Constraints:


A.   Start Date (Schedule)

Oktober 2015


B.   Deadlines

Desember 2015


C.   Budget Constraints

No
Kegiatan/Barang
Jumlah (Rp)
1
Biaya analis
6.000.000
2
Biaya akomodasi dan perjalanan
3.000.000
3
Pemrograman
6.000.000
4
Biaya rapat
2.000.000
5
Biaya pengumpulan data
2.500.000
6
Biaya managemen dan staff
5.000.000
7
Biaya dokumentasi
5.000.000
8
Biaya implementasi sistem
81.000.000
Jumlah Total
110.500.000


D.   Technology Constraints
- Website
- Database
- Cloud server
- Aplikasi gerbang parkir
- CCTV
- Motion Sensor


VII. Rough Order of Magnitude (ROM) (or Ballpark) Estimates)


A.   Schedule

No
Kegiatan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Studi Kelayakan











2
Desain Fungsi










3
Pemrograman








4
Pembangunan








5
Pengujian










6
Pelatihan










7
Pemeliharaan








8
Dokumentasi










B.   Budget

No
Kegiatan/Barang
Jumlah (Rp)
1
Biaya analis
6.000.000
2
Biaya akomodasi dan perjalanan
3.000.000
3
Pemrograman
6.000.000
4
Biaya rapat
2.000.000
5
Biaya pengumpulan data
2.500.000
6
Biaya managemen dan staff
5.000.000
7
Biaya dokumentasi
5.000.000
8
Biaya implementasi sistem
81.000.000
Jumlah Total
110.500.000




VIII.       Conditions of Satisfaction

A.   Success Criteria

Sistem dapat dikatakan berhasil jika memenuhi kriteria berikut :
1. Terciptanya lahan parkir yang lebih teratur
2. Memudahkan pengendara untuk mencari lahan parkir
3. Berkurangnya tingkat pelanggaran parkir

B.   Assumptions

 
C.   Risks


IX.  Authorization to proceed:


      Note:
The signatures below certify that each agrees to the provisions of this SOW and attests to the completeness, feasibility, consistency and testability of the requirements.
           
___________________________________     ______________________
Customer                                                                   Date


___________________________________     ______________________
Project Manager                                                       Date





X.   Appendices:





Data Definition

Data
Data Description
Period of Performance
The time period of the project.
Customer
Who the project is for or who is funding the project.
Project Name
Official name of the project.
Purpose
Communicate to the reader the purpose of the document.
Background
This section describes the chronology of events leading up to the project request. It is a high-level description of the customer’s requirements and should demonstrate a basic understanding of the problem, opportunity, or directive.
Scope
This section describes the size and boundaries of the project in terms of Stakeholders, Data, Processes, and Locations.
Project Approach
This section documents what lifecycle approach or route will be used (ex. waterfall, spiral, etc.) and the deliverables the project team is responsible for delivering (ex. documents, databases, code components, screens, training, etc.).
Managerial Approach
This section documents how the project will be managed in order to be successful.
Include how the team will be structured and built, who the project manager is, and the experience level of the team and manager. List if there is any training required by the team members. Also document how the status of the project will be reported between the team and management and the customer. Finally, document the procedures for handling changes (ex. requirements changes) and conflict resolution.
Constraints
List all applicable project constraints.
Estimates
This section provides estimates of the effort, time, and costs required to complete the project. Its wise to provide an estimate in terms of a range in those areas that are not well defined.
Conditions of Satisfaction
State criteria the project will use to evaluate its acceptance. In addition list all risks and assumptions regarding the project. These are very important because they may have had a bearing on how you estimated a particular area and should be communicated to the reader.

Authorization to Proceed
Provide signatures documenting concurrence of agreement to the provisions of the SOW.
Appendices
Include any addition documentation such as models or referenced documentation that may aid the reader in the understanding or the approval of the document.


Demikian sedikit hal yang bisa saya bagikan pada Contoh Statement of  Work untuk sobat Nineth sekalian. Contoh ini masih memiliki banyak kekurangan, jika sobat sedang mengerjakan sebuah statement of work silahkan sesuaikan dengan kehendak sobat bila dirasa ada yang kurang tepat.
Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan silahkan utarakan lewat box komentar. Terima kasih :)

Semoga bermanfaat!
-9960408

You Might Also Like

2 comments

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe